Metode Pembelajaran yang Efektif bagi Pendidikan

Metode Pembelajaran yang Efektif bagi Pendidikan

Pembelajaran adalah cara menjadikan seseorang belajar yang dulunya tidak tahu menjadi tahu. Pendidik adalah orang yang memberikan pengarahan dalam pembelajaran dengan tujuan baik dan dapat mendewasakan anak didiknya. dalam pembelajaran guru harus mampu menguasai suasana agar anak didiknya nyaman dan dapat mengerti apa yang diterangkan oleh guru tersebut, karena setiap anak mempunyai sikap dan perilaku yang berbeda-beda maka seorang guru harus memahami cara mengatasinya dengan menerapkan metode-metode pembelajaran yang seesuai dengan karakter anak didiknya.

Metode Pembelajaran yang Efektif Bagi seorang Pendidik 

1. Metode  Ceramah
Metode ini adalah metode yang harus dimiliki oleh para pengajar dengan cara menerangkan secara lisan jika seorang pengajar memiliki kemampuan didalam bidang ceramah yang baik maka dia bisa dikatakan pengajar yang baik. dengan ceramah seorang pendidik mampu menimbulkan inspirasi bagi anak didiknya.

2. Metode diskusi 
Metode ini adalah metode yang memberikan pelatihan dengan saling bertukar pendapat yang dapat memicu pemikiran anak didik meningkat  karna saling memberikan pendapat yang berbeda untuk menyelesaikan masalah. pembelajaran dengan metode diskusi adalah pembelajaran yang interaktif.

3. Metode Demonstrasi
Metode ini adalah metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong pelajar mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti:  Bagaimana proses bekerjanya? Bagaimana cara mengaturnya? Bagaimana proses mengerjakannya. Demonstrasi sebagai metode pembelajaran adalah bilamana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa memperlihatkan kepada seluruh kelas sesuatau proses. Misalnya bekerjanya suatu alat pencuci otomatis, cara membuat kue, dan sebagainya.

Kelebihan dan kekurangan Metode Demonstrasi :


Kelebihan.
a. Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan.
b. Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
c. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa.


Kekurangan
a. Siswa kadang kala sukar melihat dengan jelas benda yang diperagakan.
b. Tidak semua benda dapat didemonstrasikan.
c. Sukar dimengerti jika didemonstrasikan oleh pengajar yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.


5. Metode Keterampilan
Metode ini adalah suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada peserta didik.

6. Metode Memecahkan Suatu Masalah
Metode ini adalah metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebabdalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulaidengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan.
Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir danmenggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan olehsiswa. Seorang guru harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencobamengeluarkan pendapatnya.

 7. Metode Experimen
Metode ini adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.













itulah beberapa metode pembelajaran yang mungkin dapat berguna dan membantu anda.


0 Komentar untuk "Metode Pembelajaran yang Efektif bagi Pendidikan"

 
Copyright © 2014 Konsen Fokus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info