Cara Menentukan Bakat dan Potensi

Cara Menentukan Bakat dan Potensi, sebetulnya antara bakat dan potensi , ada kemiripan. Perbedaanya hanya sedikit atau tipis sekali. Bakat identik dengan bawaan sejak lahir, sedangkan potensi berkaitan dengan kemampuan yang ada dalam diri yang perlu digali. Terkadang tidak ada bakat, namun karena ditempa oleh lingkungan, maka potensinya kemudian muncul. Sebaliknya, terkadang seseorang sangat berbakat, namun karena lingkungan tidak mendukung, maka bakat itupun akhirnya terkubur.

Sepeti kisah-kisah yang sering disampaikan pada pelatihan-pelatihan pengembangan diri. Tentang telur rajawali yang jatuh diantara telur ayam. Pada saat menetas, ia menetas sebagai anak rajawali yang berbaur dengan anak-anak ayam. Suatu hari, ketika melihat seekor rajawali yang terbang dengan gagahnya, si rajawali kecilpun lantas ingin terbang. Dicobalah mengepak-ngepakkan sayapnya. Namun, karena lingkungan (si induk ayam ) senantiasa memarahinya, maka keinginan untuk terbang itupun akhirnya terkubur. Akibatnya, waktu pun berlalu. Ia tumbuh layaknya ayam, tua bersama ayam. Padahal, ia adalah anak rajawali.

Ya, bisa jadi kamu adalah mahluk yang berpotensi, anak rajawali yang ditakdirkan oleh Allah menggenggam dunia ini. Namun, lantaran sikap mental yang negatif dan tidak mau menggali potensi diri, menyebabkan nasib kamu jauh lebih berbeda dengan si anak rajawali yang hidup di tengah-tengah anak ayam. Sehingga, akan tua bersama ayam. Dan ketika mati, juga mati sebagai ayam, Rugi gak kalau begitu?

Jadi, kamu harus menggali bakat dan potensi yang ada pada diri kamu, jangan sampai potensi itu terkubur itulah Cara Menentukan Bakat dan Potensi yang ada pada kamu. Semoga artikel motivasi ini memberikan banyak manfaat bagi pembacanya.

Sumber : Super Teenager
0 Komentar untuk "Cara Menentukan Bakat dan Potensi"

 
Copyright © 2014 Konsen Fokus - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info